Misteri Ikan Larangan Di Sumatera Barat

Sumber Google

Sumatera Barat dari dulu memang terkenal dengan keindahan alam yang eksotik. Provinsi  dengan yang dikenal dengan kemolekkan alamnya, menjadikan Sumatera Barat destinasy wisata yang selalu ramai dikunjungi, baik wisatawan lokal maupun internasional. Provinsi dengan luas 42.297,30 km² atau setara dengan 2, 17 % luas Indonesia, memiliki tipografi yang beraneka ragam seperti laut, sungai, gunung, lembah-lembah dan danau menjadikan Sumatera Barat provinsi yang kaya akan budaya juga wisata alamnya. Mulai dari tradisi masyarakatnya, seni budaya serta bangunan arsitektur.

Seperti halnya Ikan larang yang ada pada beberapa daerah di Sumatera Barat. Bagi anda yang pernah mengunjungi Sumatera Barat, namum belum pernah melihat-lihat ikan larangan Mari kita cari tahu, mengapa hingga dinamakan ikan larangan. Ada tiga daerah yang dijadikan sebagai tempat ikan larangan. Di Tarusan Kabupaten Pasisisr Selatan, Nagari Aua Malintang  kabupaten Padang Pariaman serta Desa Salo Kabupaten Agam.

Ikan larangan adalah sebuah komitmen bersama masyarakat untuk menjaga kelestarian alam dengan tidak mengambil ikan secara sembarangan. Ikan-ikan yang berada disungai dan hanya boleh di ambil pada waktu-waktu tertentu, seperti pada acara adat juga acara keagamaan. Ketentuan pengambilan juga berdasarkan musyawarah tokoh adat dan pemukan kampung. Jadi tujuan dari ikan larangan adalah guna menjaga ekositim alam dan pelestarian lingkungan.

Disamping itu, adanya sungai dengan ikan larangan adalah menjaga kesadaran masyarakat untuk menjaga sungai, hal ini bisa nampak pada sungai-sungai yang terdapat ikan larangan, airnya jernih, dan tidak ada sampah sama sekali. Batu- batu ditepi sungai juga tidak berlumut. Ini dikarenakan lumut-lumut sudah menjadi makanan ikan. Maka tak tak heran, saat anda berkunjung untuk melihat-lihat ikan larangan, akan ada banyak ikan-ikan sebesar tangan yang berenang di sungai yang dangkal. Konon kabarnya, jika ada yang berani mengambil ikan secara sembarangan akan terkena musibah.

Ikan larangan ini juga dijadikan objek wisata Sumatera Barat. Khususnya yang berada di Kabupaten Pesisir Selatan, tepatnya di Nagari Tarusan. Sungai dengan Ikan larangan ini terlaetak ditepi jalan lintas yang menghubungkan kota Padang dengan kota Painan Ibukota Kabupaten Pesisir Selatan. Saat memasuki Tarusan, disepanjang jalan, anda dapat melihat aliran sungai yang terdapat ikan larangan. Pengunjung juga bisa berhenti untuk membeli makanan Ikan serta melihat ikan larangan ini secara langsung.

Bagaimana, anda berminat untuk melihat-lihat Ikan larangan ini?

Penulis : Rahayu Asda

1 thought on “Misteri Ikan Larangan Di Sumatera Barat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *