MENGISI RAMADHAN DI DAERAH PINGGIRAN

 

Malam itu suasana kampung Nelayan Tanjungduku mendadak ramai dari biasanya, Sebuah pemandangan yang sangat menggembirakan bagi remaja kampung ini. Bagiamana tidak, kampung dimana Mushala yang di bangun sehari-hari sunyi oleh suara Adzan, kini lantunan ayat suci Al Qur’an bersenandung  dan bergema suara azan memanggil kaum Muslimin untuk mengerjakan shalat fardhu.

Pada tanggal 20 hingga 21 Juni 2017, tepatnya 25 hngga 26 Ramadhan 1438 Hijriah. Yayasan Cahaya Silaturahmi pimpinan Ustadz Badris Gifari, bersama Bengkel Rohani Tanjungpinang pimpinan Ustadz Muhammad Zaini, Mpd, mengadakan acara Pasantren Ramadhan untuk anak-anak yatim, miskin dan dhuafa dengan tema Ramadhan Berbagi. Acara yang di selanggarakan selama dua hari ini di hadiri oleh para peserta usia anak-anak dan remaja di kampung Tanjungduku, para santri dari Panti Asuhan Hidayatullah Tanjungpinang dan anak-anak, serta remaja dari batu 13.

Para peserta, begitu antusias mengikuti acara pasantren yang di laksanakan selama dua hari dan mereka bermalam di Mudhala Kampung Tanjungduku, mengisi malam dengan tilawah Al Qur’an. Kegiatan ini juga menghadiri pemateri dari Kanwil Depag Provinsi Kapulauan Riau, Bidang Humas Polresta Tanjungpinang. Pada kesempatan itu juga, Bapak Gubernur Provinsi Kepulauan Riau juga menyempatkan hadir di sela-sela  padat nya aktivitas beliau, yang saat itu akan berangkat ke Karimun untuk melaksanakan safari Ramadhan. Beliau berpesan dan memotivasi  para santri yang sebagian besar adalah anak-anak yatim untuk menghafal Al Qur’an, dan berjanji akan memberikan beasiswa penuh untuk masuk ke perguruan tinggi manapun, bagi para pelajar Kepri yang berhasil menghafala Al Qur’an sebanyak 30 juz. Tak lupa pula Bapak Gubernur Nurdin Basirun, menitipkan sedikit dana buka puasa buat para santri peserta pasantren ramadhan dan masyaratak Tanjungduku

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini, tidak saja pasatren Ramadhan tetapi juga, pemberian bingkisan berupa sembako oleh Bapak Sekda Provinsi Kepulauan Riau Bapak Arif Fadhilah, juga Bingkisan sembako dari Bapak Wakil Walikota Tanjungpinang, Bapak Haji Syahrul S.PdI buat masyarakat Dompak dan Mualaf. Bapak Wakil Walikota Tanjungpinang yang juga seorang mubaligh berkesempatan memberikan tausiyah Ramadhan. Pesan beliau agar Ramadhan kali ini membawa keberkahan dalam hidup juga. Serta banyak – banyak berdoa pada waktu menjelang berbuka puasa, sebab disanalah terdapat mustajabnya doa.

Menurut ustdz Badris Gifari selaku pimpinan Yayasan cahaya Silaturahmi. Kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman agama khususnya masyarakat kampung Nelayan, agar bisa memakmurkan Rumah Allah yang telah di bangun juga mendidik generasi  penerus yang paham terhadap syariat Islam guna menjadi da’I di kampung ini. Di harapkan juga kepada pemerintah untuk memperhatikan keadaan nelayan juga perhatian terhadap pendidikan agama masyaratak tersebut, kemudian menempatkan para ustdz untuk mendidik masyarakat kampung nelayan secara kontinui. (asda)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *